Selasa, 01 Februari 2011

NYONTET !!!!!


Menyontek merupakan hal yang sangat sering terjadi tidak hanya di kalangan mahasiswa, mulai dari sekolah dasar melakukan penyontekan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi pasalnya setiap ujian ataupun ulangan tidak jarang proses contek menyontek sering terjadi, banyak diantara kita melakukan hal tersebut. bagi mereka perilaku itu merupakan cara yang paling benar untuk mendapatkan nilai yang maksimal karena mendapatkan nilai yang maksimal tidaklah mudah untuk mendapatkannya. mungkin melakukan hal tersebut tidak dibenarkan tetapi banyak yang cuma ditegur bila ada yang ketahuan menyontek.

Banyak cara untuk melakukan penyontekan hal yang paling penting adalah melabui pengawas ujian sebagaimana cara agar pengawas tidak mengetahui kalau sedang menyontek. Misalnya yang paling sering dilakukan adalah membuat tulisan kecil dikertas, menulis dipaha, terkadang ada yang nekat membawa buku kedalam ruangan ujian dan juga terkadang ada yang membawa handpone untuk berkomunikasi lewat sms kepada teman lain untuk bertukar jawaban. Dalam hal perilaku hal tersebut tidak dibenarkan tetapi mengapa hal tersebut bisa terus terjadi? Bahkan bisa berlanjut kepada adik adik kelasnya.

Menyontek merupakan hal yang bisa menguntungkan bagi mereka yang melakukanya. Bagaimana tidak melakukan hal tersebut bisa mendapatkan nilai yang baik, bisa mengharumkan namanya dengan menjadi anak yang pintar, membuat dirinya senang dan juga orang lain dengan apa yang sudah dicapainya. Memang benar mendapatkan nilai yang baik adalah suatu hal yang wajib untuk dicapai tetapi tidak dengan menyontek padahal mendapatkan nilai yang tidak maksimal dengan tidak melakukan menyontek bukankah merupakan hal yang sudah cukup baik artinya bisa menjadikan sebuah motivasi untuk merubah mendapat nilai yang maksimal.
Menyontek juga merupakan hal yang merugikan, bagaimana tidak jika ketahuan menyontek nama orang tersebut juga tercoreng dengan kelakuannya, mungkin juga bisa membuat nilainya dikurangi bahkan bisa tidak mendapatkan nilai, tidak bisa melaksanakan ujian karena ketahuan menyontek, dan juga bisa membuat orang tersebut tidak bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi atau naik kelas.
Kebiasaan menyontek sulit untuk dihilangkan apalagi bagi meraka yang sudah terbiasa melakukan menyontek mungkin hal hal untuk mencegah agar tidak menyontek adalah dengan sejak diri berlatih dengan selalu belajar dan juga peran orang tua sangat di butuhkan agar seorang anak tidak mekukan penyontekan. Dibiasakan belajar setiap hari menimal 30 menit setiap pulang sekolah dan juga belajar tiap malam minimal 30 menit untuk mengulang pelajaran yang dipelajari tadi pagi, berlatih dengan menjawab soal soal latihan, mengatur waktu bermain dan juga terus berdoa.
Setiap manusia mempunyai kualitas kepandaian yang berbeda beda, tetapi banyak ada yang beranggapan kalau setiap orang ada yang pintar ada juga yang bodoh tetapi menurut saya didunia ini tidak ada yang bodoh yang terpenting bagaimana kita membuktikan kalau kita adalah orang yang bisa membuktikan kualitas hidupnya, terus berusaha untuk menjadi orang yang bisa disegani, tidak melakukan hal yang tidak dibenarkan melakukan jalan pintas misalnya menyontek. Kita harus berusaha terlebih dahulu untuk melakukan sesuatu bukannya melakukan hal yang tidak dibenarkan mungkin itu semua yang membuat orang beranggap kalau ada orang bodoh. Tetapi tidak ada manusia dimanapun yang lebih pintar dari yang menciptakan dunia ini.
Menyontek menguntungkan atau merugikan? Setiap orang mempunyai anggapan yang berbeda beda, ada yang setuju menguntungkan ada juga yang menolak keras adanya contek menyontek beranggapan sangat merugikan membuat orang yang menyontek tersebut menurunkan derajatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar